Saturday 10 August 2013

Jenis-jenis jaringan

kali ini saya akan share tentang jenis-jenis jaringan, sebenarnya ada banyak sekali jaringan. namun kali ini saya akan membahas 5 jaringan yang biasa nya di pelajari di sekolah. kita langsung saja bahas materi nya yuk .

1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jenis jaringan milik pribadi yang hanya berada dalam sebuah gedung lembaga maupun perusahaan. LAN sering kali di gunakan untuk menghubungkan komputer-komputer milik pribadi dalam sebuah kantor atau pabrik-pabrik dengan tujuan untuk menggunakan sumber daya bersama seperti printer dan untuk saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
pada prinsip nya sistem kerja MAN ini sama dengan LAN, hanya saja jangkaun MAN lebih besar dari pada LAN. Jika LAN bisa menghubungkan komputer-komputer dalam sebuah gedung, maka MAN bisa menghubungkan komputer-komputer antar gedung. Biasa nya MAN di manfaatkan oleh perusahaan-perusahaan swata atau umum. MAN dapat mengirim data dan suara, bahkan bisa berhubungan menggunakan tv kabel.
3. Wide Area Netwok (WAN)
hampir sama seperti penjelasan di atas, tapi WAN ini lebih luas cakupan nya. WAN mencakup daerah geografis sebuah negara bahkan benua. WAN menngunakan banyak mesin untuk menjalankan program-program aplikasi yang di jalankan nya.
4. Wireless (Jaringan tanpa kabel)
Wireless adalah jaringan tanpa menggunakan kabel, Wireless memanfaatkan udara untuk menyalurkan gelombang elektromagnetik nya, sehingga hubungan antara 2 benda atau lebih bisa terhubung tanpa kabel yang super ribet. 5. Internet
Internet adalah jaringan yang cakupan nya tidak terbatas, penduduk di seluruh dunia bisa terhubung ke internet tanpa harus mempunyai mesin-mesin untuk menghubungkan dengan komputer lain, cukup dengan pergi ke warnet anda sudah bisa mengakses internet dengan mudah dan murah. menurut wikipedia internet menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia. 

cukup sekian ilmu yang saya amalkan, kurang lebih nya mohon maaf karena saya hanya manusia biasa. Mohon kritik dan saran nya pada kotak comment.
salam FOURTY FIVERS

No comments :

Post a Comment