Sunday 11 August 2013

Macam-macam Topologi jaringan

Kali ini saya akan membahas tentang macam-macam topologi nih kawan, kalian tahu apa itu topologi? Topologi adalah salah satu cara menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain sehingga membentuk sebuah jaringan. Topologi ada beberapa macam, ada topologi Bus, Token Ring, Star, Mesh dan Hybird. Nah, pada pembahasan kali ini, saya akan membahas satu per satu macam-macam topologi di atas.

1. Topologi Bus
Topologi Bus adalah cara menghubungkan seluruh worstation dan server hanya dengan menggunakan kabel pusat alias satu kabel, contoh nya seperti gambar di bawah. 
Topologi Bus ini mempuyai keuntungan yang sangat besar kawan, seperti : Hemat kabel, Layout kabel sederhana, dan jika ada penambahan workstation tidak akan menggangu workstation lain. Namun di balik keuntungan juga ada kerugian nya juga, seperti : Deteksi kesalahan sangat kecil, Kepadatan lalu lintas pada jalur utama, jika ada kabel rusak maka semua workstation rusak, perlu repeater untuk jaraj jauh.
2. Topologi Token Ring
Topologi yang satu ini banyak di kenal dengan topologi cincin, karena semua workstation dan server di hubungkan dengan pola yang berbentuk seperti cincin seperti contoh gambae di bawah ini.
kelemahan token ring ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang di lewatkan dalam jaringan, maka jika ada gangguan pada node maaka seluruh jaringan akan terganggu.
tapi keunggulan token ring ini tidak akan terjadi tabrakan pada pengiriman data seperti Bus.
3. Topologi Star
Pada topologi jenis ini masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ker server atau hub. keunggulan tipe ini adalah bahwa adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwith akan semakin lebar sehingga akan mempercepat kinerja jaringan secara keseluruhan. dan bila ada kerusakan pada satu jalur, maka jalur yang lain tidak mengalami gangguan. Namun di samping itu, topologi jenis ini sangat boros kabel di banding topologi lain nya.
Keuntungan :
a. fleksibel.
b. perubahan stasiiun sangat mudah dan tidak mengganggu jaringan lain.
c. Kontrol terpusat.
d. kemudahan dalam mendeteksi kesalahan pada jaringan.

Kelemahan :
a. boros kabel.
b. perlu penganan khusus.
c. kontrol terpusat jadi elemen kritis.

4. Topologi Mesh
Mesh ini di bangun dengan menggunakan link di antara station-station. Sebuah 'fully-connected mesh' adalah sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasa nya di gunakan pada pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan tapi tidak praktis dan biaya yang masih sangat tinggi. Sehingga, jika ada satu link yang rusak maka suatu station harus mencari link lain nya.
5. Topologi Hybird.
Hybird adalah teknologi yang di bentuk dari berbagai topologi dan teknologi. Sebuah teknologi hybird network mungkin sebagai contoh, di akibatkan oleh oleh sebuah pengambil alihan suatu perusahan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus di gabungkan dalam sebuah network tunggal. sebuah hybird network memiliki semua karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.






No comments :

Post a Comment